BERITA

Sidak Pelabuhan, Komisi C Temukan Pembangunan Fasilitas Perlu Perbaikan

Kamis, 13 Januari 2022

dprd.kendalkab.go.id - Pimpinan dan anggota Komisi C DPRD Kendal melakukan inspeksi mendadak ke Pelabuhan Kendal, Rabu (12/1/2021). Sidak dilakukan dalam rangka monitoring dan evaluasi belanja APBD 2021 dari Dana Alokasi Khusus (DAK) di Dinas Perhubungan.

Dalam sidak tersebut Komisi C menemukan sejumlah fasilitas yang memerlukan perbaikan. Diantaranya area parkir yang digenangi air, plengsengan dermaga atau besi landasan dermaga untuk masuk ke kapal yang sudah rusak.

“Dana DAK sebesar Rp3 miliar untuk perbaikan sarana meliputi jalan lingkungan, fender penahan dermaga dan plengsengan pintu masuk ke kapal,” ungkap Muhammad Zaenudin, Wakil Ketua Komisi C, di sela kunjungan sidak, Rabu (12/1/2021).

Ditambahkan Zaenudin, proyek pembangunan tahun 2021 tersebut belum diserahterimakan ke Dinas Perhubungan dan masih dalam tahap perawatan. Untuk itulah, tegasnya, dinas terkait diminta untuk meminta rekanan segera memperbaiki.

“Termasuk genangan air segera dilakukan perbaikan sehingga belanja DAK ini bisa bermanfaat dan berumur panjang,” katanya.
Zaenudin menegaskan, DPRD mendukung pembangunan fasilitas di Pelabuhan Kendal sebagai salah satu tempat yang menjadi pioner dan andalan pendapatan bagi pemerintah Kabupaten Kendal.

Sementara itu Plt Dinas Perhubungan, Arsiyati Rosada mengatakan, untuk plengsengan rusak karena alat berat yang akan diangkut KMP kalibodri.

“Sedikit rusak karena saat sering digunakan alat berat yang hendak masuk ke KMP Kalibodri. Tapi ini masih ada 6 bulan pemeliharaan dari rekanan jadi nanti saya akan meminta segera diperbaiki,” terangnya.

Terkait genangan air di area parkir, pihaknya memastikan akan dilaksanakan pada tahun 2022 ini karena anggaran telah dialokasikan. (Humas DPRD Kendal)