BERITA

DPRD Kendal Tingkatkan Kemitraan dengan Media dan LSM

Senin, 29 November 2021
dprd.kendalkab.go.id - Pers sebagai pilar keempat demokrasi memiliki peran strategis dalam mendiseminasikan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Dari media massa, masyarakat bisa mendapatkan informasi terkait program dan kegiatan yang sedang dikerjakan oleh para pemangku kebijakan publik.
 
Selain media massa, organisasi kemasyarakatan yang di dalamnya mencakup lembaga swadaya masyarakat, juga menjadi bagian penting dalam mengawal jalannya roda pemerintahan daerah. 
 
Pembahasan itu terungkap dalam Kemitraan Humas DPRD Kendal yang bertajuk "Membangun Keselarasan Informasi dalam mendukung Kendal Handal, Makmur dan Sejahtera" yang digelar oleh Sekretariat DPRD Kendal di Hotel Grand Rohan, Bantul, Senin (29/11/2021).
 
Kegiatan yang diikuti puluhan awak media dan LSM itu, menghadirkan narasumber dari Humas Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman. Dipandu oleh Kabag Umum Sekretariat DPRD Kendal, Arif Musbichin, Humas DPRD Sleman membagikan pengalamannya dalam membangun kemitraan dengan media dan Ormas.
 
Kasubag Humas Sekretariat DPRD Sleman, Elviani, mengatakan pihaknya menjalin hubungan baik dengan media massa. Media massa cetak, online dan televisi semua dilibatkan untuk mendukung program Humas mendistribusikan kegiatan DPRD kepada masyarakat
 
"Tanpa bantuan dari teman-teman media, kegiatan-kegiatan kami lakukan tidak akan terkomunikasikan dengan baik ke masyarakat," terangnya.
 
Selain media massa, imbuhnya, pihaknya juga merangkul ormas sebagai pemangku kepentingan terkait dalam mendukung kerja Humas. Seperti media, LSM juga menjadi bagian program strategis Humas mendukung kerja para wakil rakyat. 
 
"Kami juga ingin belajar dari Sekretariat DPRD Kendal, yang pada hari ini bisa duduk bareng dengan media dan LSM, untuk berdiskusi dan berbagi pengetahuan, apa saja kiat-kiatnya," tanya Elviana.
 
Sementara itu, Anwar Haryono, Sekretaris DPRD Kendal, mengungkapkan pihaknya merangkul semua media dan LSM yang terdaftar di instansi terkait. Dikatakan, kunjungan kemitraan ini sebagai bagian dari upaya untuk menjaga keharhominsan hubungan yang telah terbangun. 
 
"Kami tidak membeda-bedakan dari media apa, organisasi apa, selama semua telah terdaftar di instansi terkait dan memenuhi syarat, kami bangun kemitraan. Kegiatan ini salah satunya," ungkapnya.
 
Dalam sesi berikutnya, Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun, menyampaikan apresiasi kepada para awak media dan LSM yang selama ini telah turut mendukung kerja para pimpinan dan anggota dewan. Hubungan baik ini, lanjutnya, perlu ditingkatkan lagi di masa mendatang.
 
Menurutnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi menjadi tantangan baik bagi penyelenggara pemerintahan, lembaga non-pemerintahan, dan media. Agar bisa bertahan, tegasnnya, para pihak perlu beradaptasi dan melakukan inovasi. 
 
"Bagi pemerintah kemajuan TIK menjadi tantangan untuk menghadirkan pelayanan publik yang cepat, akurat dan akuntabel. Begitu juga dengan media dan Ormas. Semuanya perlu beradaptasi dengan dinamika zaman yang terus bergerak," pungkasnya.
 
Selama kurang lebih tiga jam, sesi diskusi berlangsung hangat. Banyak masukan dicatat tim Humas Sekretariat DPRD Kendal untuk peningkatan kegiatan kemitraan di masa mendatang  (Humas DPRD Kendal)