BERITA

Ketua DPRD Minta Pemuda Pancasila Bentengi Kendal dari Paham Menyimpang

Sabtu, 27 November 2021

dpdrd.kendalkab.go.id – Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun, menyampaikan ucapan selamat atas terselenggaranya Rapat Koordinasi Cabang dan Pleno Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kendal, Sabtu (27/11/2021).

Dalam sambutannya, Ketua Dewan berharap melalui kegiatan tersebut dapat mempersolid kepengurusan dan mencetak kader-kader yang militan.

Menurutnya Pemuda Pancasila sebagai ormas besar yang lahir atas kecintaan terhadap Pancasila, memiliki peran strategis di tengah masyarakat yang plural. "Semangat keberagaman yang telah diajarkan para founding fathers bangsa kita melalui Pancasila, saat ini sedang berada dalam ancaman," Makmun membuka perbincangan.

Diterangkan, ancaman itu muncul di tengah kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang kian canggih.

Makmun mengibaratkannya dengan dua mata pisau. Di satu sisi memberikan dampak positif karena dapat memudahkan masyarakat mengakses informasi dan berinteraksi, namun di sisi lain juga membawa ancaman bermunculannya paham yang bertentangan dengan semangat Pancasila.

"Ancaman itu justru menjadi tantangan yang harus dipecahkan. Pemuda Pancasila hari ini harus mampu beradaptasi dengan menguasai TIK, diantaranya dengan menebarkan konten-konten yang sesuai dengan semangat Pancasila," ujarnya.

Rakorcab dan Pleno MPC Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Kendal digelar untuk penataan dan konsolidasi kepengurusan dari tingkat cabang hingga kecamatan. Ketua MPC PP Kabupaten Kendal, Ghufroni menjelaskan, penataan kepengurusan dilakukan sesuai dengan tertib organisasi. Salah satunya terkait telah habisnya masa berlaku kepengurusan.

“Ada 13 PAC kita yang habis masa berlakunya. Jadi kita mengambil sikap, akan meneruskan masa bakti atau akan kita bekukan kepengurusan,” ujarnya.

Sementara terkait Pleno MPC, yang pertama terkait dengan resuffle kepengurusan, di setengah perjalanan periode pengurus. “Karena selama setengah periode kepengurusan ini, akan kita lihat, mana-mana pengurus yang akan kita ganti dan akan kita teruskan kepengurusannya,” jelas Ghufroni.

Kemudian, lanjutnya, dalam pleno MPC PP Kendal juga akan dibentuk beberapa Badan. Diantaranya, Badan Pengusaha Muda PP, Badan Pelaksana Kaderisasi, Badan KTA, Badan Kesehatan dan Bencana serta Lembaga Konti.

Acara dibuka oleh Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) PP Jawa Tengah, Bambang Eko Purnomo, dan dihadiri oleh, Anggota Komisi X DPR RI, Mujib Rohmat, Ketua DPRD Kabupaten Kendal, Muhammad Makmun, serta Pengurus MPC PP Kendal dan PAC se Kabupaten Kendal. (Humas DPRD Kendal)