BERITA

Komisi B DPRD Kendal Studi Banding Kerajinan Rotan di Sukoharjo

Selasa, 11 Mei 2021

dprd.kendalkab.go.id - Pimpinan dan anggota Komisi B DPRD Kabupaten Kendal mengadakan kunjungan kerja ke DPRD kabupaten Sukoharjo, Selasa (11/5/2021).

Ketua Komisi B DPRD Kendal, Dian Alfat Muchammad, mengatakan dalam kunjungan ini pihaknya melakukan studi banding pengembangan kerajinan rotan di kabupaten Sukoharjo. 

Rombongan diterima oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Sukoharjo, Basuki Budi Santoso, SH, MH, yang diwakili oleh Kasubag Tata Usaha, Teguh Prasetyo, SE.

Dari informasi OPD terkait didapatkan informasi mengenai pengembangan kerajinan rotan yang ada di kabupaten Sukoharjo. Sentra kerajinan rotan berada di Desa Trangsan, kecamatan Gatak. Pengembangannya sudah dimulai sejak tahun 90-an. Hasil kerajinan rotan dari desa ini bahkan telah berhasil menembus pasar ekspor.

Saat ini Desa Trangsan telah dikembangkan menjadi desa wisata dan sekaligus edukasi kerajinan rotan. Selain sebagai destinsi wisata, Desa Trangsan menjadi tempat rujukan belajar seluk beluk kerajinan rotan. 

Mayoritas warganya berprofesi sebagai pengrajin rotan. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan pasar, tenaga kerjanya sebagian didatangkan dari daerah lain. 

Sekretaris Komisi B DPRD Kendal, Sri Supriyati, SE, MM, berharap dari kunjungan ini dapat diterapkan untuk menggali potensi kerajinan rotan di Kendal.

Menurutnya kabupaten Kendal memiliki banyak pengrajin rotan yang tersebar di beberapa wilayah. Untuk bisa diserap pasar lokal dan bahkan menembus pasar dunia, imbuhnya, perlu keunikan dan strategi pemasaran yang tepat.

"Selain itu, peran pemerintah daerah juga sangat penting. Perlu pendampingan yang berkelanjutan agar kerajinan rotan di Kendal bisa lebih berkembang dan menyerap tenaga kerja lokal," pungkasnya. (Humas DPRD Kendal)