BERITA

Dinas PUPR Gandeng DPRD Sosialisasi Kebijakan Tata Ruang di Kendal

Rabu, 31 Maret 2021

dprd.kendalkab.go.id - Dinas Pekerjaaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kendal Kendal menggelar Sosialisasi dengan tema kebijakan dan peraturan perundang-undangan terkait penataan ruang di Kendal tahun 2021 bertempat di Aula Kecamatan Patebon, Selasa (30/03/2021).

Sosialisasi menghadirkan narasumber dari DPRD Kendal, Muhammad Makmun dan Nur Rosidah, dan Camat Patebon dan Kepala Dinas PUPR.

Ketua Panitia Zuni Fauziyah menyampaikan kegiatan sosialisasi akan dilaksanakan di 20 kecamatan dengan materi tentang kebijakan tata ruang di kabupaten Kendal. Menurutnya dari kegiatan ini diharapkan masyarakat mendapatkan informasi yang lengkap mengenai kebijakan daerah.

Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun, menyambut baik kegiatan yang diadadakan Dinas PUPR. Dikatakan, masyarakat perlu mendapatkan informasi tentang kebijakan di daerahnya sehingga dapat berperan aktif dalam pelaksanaannya di lapangan.

"Termasuk kebijakan tata ruang. Kabupaten Kendal telah melakukan perubahan atas Perda RTRW, apa saja isu strategisnya dan apa manfaat serta dampaknya bagi masyarakat, perlu dipantau penerapannya di lapangan," terangnya.

Anggota DPRD Dapil 1, Nur Rosidah, menyampaikan tata cara penyampaian usulan masyarakat terhadap pembangunan di kabupaten Kendal. Diterangkan, mekanisme usulan dibahas melalui Musrenbangdes, kemudian dibawa ke Musrenbangcam, baru kemudian usulan bisa dibahas di tingkat kabupaten.

Sementara itu, camat Patebon dalam sambutannya menekankan perlunya peran masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan. Selain itu pihaknya mendorong masyarakat untuk menyukseskan program vaksinasi covid-19.

"Dari kegiatan ini, setidaknya masyarakat tahu status kawasan. Misalnya apakah statusnya lahan hijau atau kuning. Dan bagaimana pengurusan perizinannya bagi pihak yang akan melakukan kegiatan pengembangan," kata Camat.

Kegiatan sosialisasi berlangsung secara interaktif. Warga yang hadir tampak antusias mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Sejumlah masukan penting telah dicatat oleh para pihak terkait untuk bahan evaluasi ke depan (Humas DPRD Kendal)