BERITA

DPRD Kendal Tekankan RKPD 2022 Fokus pada Aspek Kemanfaatan Publik

Selasa, 30 Maret 2021

dprd.kendalkab.go.id - DPRD Kendal menekankan agar penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 fokus pada prioritas dan sasaran yang dipilih, bermanfaat langsung kepada masyarakat dan mampu menyelesaikan permasalahan pembangunan

Hal tersebut dikemukakan ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun, saat memberikan sambutan pembukaan Musyawarah Perencaan Pembangunan (Musrembang) Kabupaten Kendal tahun 2022 yang diselenggarakan di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Selasa (30/3/2021).

Lebih lanjut, Makmun meminta agar seluruh kebijakan, program dan kegiatan pembangunan di Kabupaten Kendal tahun 2022 diarahkan untuk mewujudkan visi misi pembangunan lima tahun serta mempercepat pencapaian berbagai tujuan dan sasaran pembangunan jangka panjang daerah yang tercantum dalam RPJMD Kabupaten Kendal Tahun 2005-2025.

"Untuk hasil yang lebih maksimal, penyusunannya perlu menerapkan pendekatan politik, teknokratik, partisipatif dan kombinasi pendekatan top-down dan bottom-up," tegasnya.

Berdasarkan hal itu, DPRD memberikan sejumlah rekomendasi. Antara lain, Perencanaan pembangunan Daerah tahun 2022 tidak terlepas dari hasil-hasil pembangunan tahun-tahun sebelumnya. 

Selain itu, hendaknya disusun dengan berpedoman kepada kebijakan pembangunan nasional dan provinsi, yang tertuang dalam RKP tahun 2022 dan  RKPDProvinsi Jawa Tengah Tahun 2022. "Hal tersebut sebagai bentuk keselarasan antar kebijakan pusat dan Daerah," tegasnya.

Tak kalah penting, sambungnya, keadaan darurat Kesehatan akibat wabah corona (covid-19) hendaknya juga menjadi landasan dalam penyusunan program dan kegiatan urusan Kesehatan, social, ekonomi dan ketertiban masyarakat.

Musrenbang dengan agenda membahas RKPD Kabupaten Kendal Tahun 2022 dihadiri Bupati Kendal Dico Ganinduto dan Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki beserta seluruh jajaran perangkat daerah dan Forkopimda.

Turut hadir perwakilan Bappeda Kabupaten /Kota Semarang dan Batang, Tim Penyusun RKPD Tahun 2022, dan tokoh agama beserta pimpinan lintas ormas.

Dalam laporannya, Plt Kepala Baperlitbang Kendal, Abdul Wahab menyampaikan, pembahasan dalam Musrenbang tingkat kabupaten untuk menindaklanjuti pembahasan di tingkat kecamatan serta hasil Reses DPRD yang telah dilaksanakan sebelumnya.

"Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari, tanggal 30 dan tanggal 31 Maret 2021, dengan sasaran yang ingin dicapai yaitu terciptanya proses perencanaan yang transparan, efektif, efisien serta komprehensif dalam penyusunan prioritas kegiatan dan anggaran pembangunan Kabupaten Kendal Tahun 2022," terangnya.

Sementara itu Bupati Kendal, Dico Ganinduto dalam sambutan pengarahannya menyampaikan, bahwa pertumbuhan ekonomi dunia mengalami pelambatan pada tahun 2020 lalu. Hal ini berdampak pada pelambatan pertumbuhan ekonomi di tingkat global, nasional, regional provinsi yang secara langsung juga berdapak pada pelambatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kendal.

Di sisi lain, menurutnya, Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Kendal meningkat menjadi 72,29 pada tahun 2020. Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia ini sejalan dengan peningkatan Angka Harapan Hidup menjadi 74,43, dan peningkatan PDRB menjadi 42.581,36 miliar pada tahun 2020.

"Pada tahun 2022 nanti, tema pembanguban Kabupaten Kendal mengusung tema Pemulihan Ekonomi Berbasis Pengembangan Potensi Unggulan Daerah dan Sumberdaya Alam. Kabupaten Kendal juga mempunyai banyak sekali potensi-potensi yang dapat dikembangkan diantaranya sektor industri, sektor jasa dan sektor pertanian," tutur Bupati Dico. (Humas DPRD Kendal)